“Tak kenal maka tak sayang,” –someone wise.

Menemani seseorang tumbuh dan menjalani kehidupannya dengan membaca sepenggal dua penggal tulisan setiap hari adalah sesuatu yang tidak pernah saya bayangkan sebelumnya. Namun ternyata saya mengalaminya. Saya menemani beberapa orang, yang bahkan tidak pernah saya kenal secara personal atau belum pernah saya temui di dunia nyata, melewati banyak hal di hidupnya.

Barangkali, pada satu waktu saya mengeluhkan betapa buruknya teknologi yang kian canggih, karena semakin mempertipis interaksi sosial secara nyata. Saya tipe orang yang senang bergaul dan bertemu banyak orang. Akan tetapi, di waktu lain, saya menyadari bahwa selalu ada sisi baik dari setiap hal. Teknologi berhasil mempertemukan saya dengan orang-orang luar biasa, melalui cara yang tidak terduga.

Saya membaca tulisan-tulisan mereka di blog, hampir setiap hari. Saat membaca tulisan mereka, kadang saya terbahak atau merasa sedih. Bagi saya, mengenal orang-orang, bahkan hanya melalui tulisan blog mereka, adalah sesuatu yang baik. Saya merasa sangat dekat, meski sesungguhnya jarak lokasi kami begitu jauh.

Ada satu blog yang hanya saya kunjungi tanpa pernah saya meninggalkan pesan atau kesan di sana. Ia bahkan tidak pernah mengetahui jika saya membaca tulisan-tulisannya. Meski begitu, saya merasa menemani si blogger ini menjalani kehidupannya, saya merasa begitu dekat dengannya. Tulisan di blognya sudah saya baca sejak si blogger perempuan ini masih kuliah hingga kini telah menikah dan memiliki seorang anak. Di lain sisi, ada beberapa komunikasi intens yang terbangun ketika saya berkunjung di beberapa blog lain. Saya sering bercakap-cakap dengan beberapa blogger di kolom komentar mereka, dan tanpa saya duga, kami kemudian bertemu di dunia nyata dan menjadi kawan akrab. Semuanya hanya berawal dari tulisan mereka di blog. Hal itu tentu sangat saya syukuri.

Untuk itulah saya menulis ini. Saya pikir, mungkin kita bisa saling mengenal melalui suakanala.com, menjadi teman, atau setidaknya bisa saling berbagi cerita. Saya percaya, sepenggal dua penggal tulisan dalam blog ini nantinya akan mempertemukan saya dengan orang-orang baik dan hal-hal baik. Semoga apa yang saya tuliskan bisa bermanfaat. Jadi, selamat membaca, selamat berbagi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.